Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Senin, 14 Oktober 2013

Takbir Berkumandang

Malam takbir Idul Adha ..
Takbir berkumandang , rahmat ALLAH SWT turun ..
Allah berfirman, yang artinya: "... supaya mereka berdzikir (menyebut) nama Allah pada hari yang telah ditentukan ..." (Qs. Al Hajj: 28)
Allah juga berfirman, yang rtinya : "... dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang ... " (QS. Al Baqarah: 203)

Tafsirnya :
- yang dimaksud berdzikir pada dua ayat diatas adalah melakukan takbiran
- Ibn Abbas r.a mengatakan: "Yang dimaksud 'hari yang telah ditentukan' adalah tanggal 1-10 Dzulhijjah, sedangkan makksud 'beberapa hari yang terbilang' adalah hari tasyrik, tanggal 11,12,13 Dzulhijjah." (Al Bukhari secara Mua'alaq, sebelum hadist no.969)
- Dari Sa'id bin Jubair dari Ibn Abbas, bahwa maksud "hari yang telah ditentukan adalah tanggal 1-9 Dzulhijjah, sedangkan makna "beberapa hari yang terbilang" adalah hari tasyrik, tanggal 11,12,13 Dzulhijjah. (Disebutkan oleh Ibn Hajar dalam Fathul Bari 2/458, kata Ibn Mardawaih:Sanadnya Shahih.

Sungguh berdzikirlah selalu didalam hidup kita agar mendapat keberkahan. jangan selalu menunggu hari-hari baik namun hari hari lain di tinggalkan. rutin kan lah dzikir agar nafas yang kita keluarkan, tidaklah sia-sia ..

BARAKALLAH FIKUM ..
JAZAKALLAH KHAIRAN ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar